Home Sekitar Kita Dr. Puji Lestari Terpilih Menjadi Ketua Umum Asosiasi Penerbit Jurnal Komunikasi Indonesia Periode 2

Dr. Puji Lestari Terpilih Menjadi Ketua Umum Asosiasi Penerbit Jurnal Komunikasi Indonesia Periode 2

340
0
SHARE
Dr. Puji Lestari Terpilih Menjadi Ketua Umum Asosiasi Penerbit Jurnal Komunikasi Indonesia Periode 2

InterNew.id - Yogyakarta, Jurnal terakreditasi kini menjadi target utama Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi (BRIN) sebagai tolak ukur kemajuan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah. Pada tahun 2019, baru 2.270  jurnal ilmiah yang telah terakreditasi dari sekitar 8.000 jurnal yang ada. Artinya, baru ada 25% jurnal yang terakreditasi di 2019. Jumlah ini masih jauh dari target Kementerian Riset dan Teknologi/ BRIN yang menargetkan 7.000 jurnal terakreditasi pada 2021.

Target dari kementerian ini juga menjadi perhatian para ilmuwan dan dosen Ilmu Komunikasi se-Indonesia. Pada 2017, hanya ada 6 jurnal Ilmu Komunikasi yang sudah terakreditasi. Karenanya, pada awal 2017, Dr. Lestari Nurhajati bersama Dr. Rustono Farady Marta dia mengajak Dr. Puji Lestari dalam pendirian APJIKI, dan selanjutnya beliau sebagai ketua umum yang pertama. Dan pada Februari 2017, lahirlah APJIKI (Asosiasi Penerbit Jurnal Ilmu Komunikasi) yang berkomitmen untuk membantu jurnal Ilmu Komunikasi di Indonesia menyiapkan penerbitan, meningkatkan kualitas jurnal dan artikel ilmiah di bidang Ilmu Komunikasi. Hingga kini, tercatat sudah ada 147 jurnal Ilmu Komunikasi yang telah menandatangani nota kesepahaman dengan APJIKI dan sudah ada lebih dari 70 jurnal Ilmu Komunikasi yang terakreditasi.      

Dalam rangka menjaga komitmen tersebut dan terus meningkatkan kualitas jurnal Ilmu Komunikasi, APJIKI bekerja sama dengan Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Sosial Universitas Amikom Yogyakarta menghelat workshop, coaching clinic dan Kongres Nasional APJIKI yang pertama. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari (27-28 Februari 2020) ini, diikuti oleh lebih dari 80 orang pengelola jurnal Ilmu Komunikasi se-Indonesia.

Ketua Umum APJIKI, Dr. Puji Lestari menjelaskan bahwa kongres APJIKI perdana ini menjadi momentum penting bagi keberlangsungan APJIKI. “Jadi, kongres ini merupakan momen yang sangat penting bagi APJIKI setelah selama 3 tahun saya dipercaya mengetuai APJIKI,” ujar Dr. Puji Lestari, yang juga staf pengajar di Ilmu Komunikasi FISIP UPN Veteran Yogyakarta.

Salah satu kandidat Ketua Umum APJIKI 2020-2023, Dr. Puji Lestari, memaparkan visi dan misinya sebagai Ketua Umum APJIKI periode 2020-2023. Visi dari Dr. Puji Lestari adalah seluruh jurnal Ilmu Komunikasi di Indonesia terakreditasi pada 2023. Sedangkan misinya, antara lain (1) meningkatkan kompetensi editor, reviewer dan penulis, (2) meningkatkan kerja sama antar pengelola jurnal Ilmu Komunikasi, pemerintah, dan pihak-pihak yang terkait peningkatan kualitas jurnal seperti Relawan Jurnal Indonesia (RJI).

Dr. Puji Lestari dalam pemaparan visi misinya, juga memaparkan tujuannya sudah terpilih sebagai Ketua Umum APJIKI 2020-2023. Di antaranya, jurnal Ilmu Komunikasi untuk (1) memenuhi kebutuhan publikasi skripsi, tesis dan disertasi (2) memenuhi kebutuhan publikasi dari penelitian hibah Kementrian Riset dan Teknologi/BRIN (3) meningkatkan jabatan fungsional dosen (4) memenuhi syarat pemeringkatan universitas. Sedangkan strategi yang akan dilakukan Dr. Puji Lestari apabila terpilih kembali menjadi ketua umum APJIKi adalah pelatihan dan kerja sama Perguruan Tinggi/ organisasi dengan biaya terjangkau.

“Bersama APJI Terbitkan Semangat Komunikasi Indonesia!”

(tim)