Home Hukum KPK OTT Gubernur Kepri Nurdin Basirun, 6.000 Dollar Singapura Diamankan

KPK OTT Gubernur Kepri Nurdin Basirun, 6.000 Dollar Singapura Diamankan

251
0
SHARE
KPK OTT Gubernur Kepri Nurdin Basirun, 6.000 Dollar Singapura Diamankan

Keterangan Gambar : Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung Merah Putih KPK

Jakarta, INTERNEWS - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap seorang kepala daerah. Ini menambah daftar panjang pejabat daerah yang tertangkap tangan oleh KPK. Kali ini petugas KPK di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (10/7/2019) sore kemarin melakukan OTT kepada pejabat daerah di lingkungan Pemprov Kepri. Satu di antara yang ditangkap adalah Gubernur Kepri, Nurdin Basirun bersama pejabat eselon lingkup Pemprov Kepri dan swasta.

"Kepala daerah di tingkat provinsi ya. Kemudian kepala dinas yang mengurus bidang kelautan, kemudian ada kepala bidang, PNS, dan pihak swasta yang kami periksa dan kami klarifikasi di Polres," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu malam.

Menurut Febri Diansyah, keenam orang itu masih berada di Kepulauan Riau dan Nantinya KPK akan membawa pihak yang diamankan ke Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis. KPK menduga akan terjadi transaksi terkait izin lokasi rencana reklamasi di Kepulauan Riau seperti dikutip makassar.tribunnews.com.

"Diduga ini bukan penerimaan pertama nanti tentu kami akan identifikasi dan dalami lebih lanjut mulai dari proses pemeriksaan ini karena sesuai dengan hukum acara, KPK diberikan waktu paling lama 24 jam ya nanti akan ditentukan status hukum perkaranya dan status pihak-pihak yang diamankan itu," kata Febri Diansyah.

Dalam OTT tersebut KPK mengamankan uang sebesar 6.000 dollar Singapura atau Jika dikonversi ke dalam rupiah, uang yang diamankan itu setara Rp 62,4 juta.

Gubernur Nurdin Basirun ditangkap selang 3 hari setelah mememperingati ulang tahunnya ke-62. Dikutip dari Tribun Batam, Nurdin Basirun pada hari ulang tahunnya berharap bisa memanfaatkan sisa hidupnya untuk agama, masyarakat, bangsa, dan negara. "Saya sudah mewakafkan diri untuk kemajuan Kepri," ujar Nurdin Basirun pada perayaan ulang tahunnya itu.

Pada Minggu (7/7/2019) itu, seusai menunaikan safari subuh, Nurdin sempat melepas peserta lomba sepeda 2019 Nat Criterium di halaman Gedung Daerah.Bersama keluarga, dia berkumpul bersama anak-anak panti asuhan Rumah Soleh Innayah Bintan untuk melaksanakan doa bersama.Usai doa syukur bersama, sebuah nasi tumpeng dan kue ulang tahun langsung diantar ke hadapannya.

Dia lalu memotong tumpeng dan menyerahkannya kepada Istrinya, selanjutnya kepada anak-anaknya dan digilir kepada satu per satu anak panti asuhan yang hadir.“Syukur, alhamdulillah saya masih diberikan kesempatan, kekuatan dan kesehatan di usia yang ke-62 ini. Usia saya terus berkurang. Namun amanah yang diemban saat ini semoga mendapat keberkahan oleh Allah untuk dijalankan dengan semaksimal mungkin,” ujar Nurdin Basirun.

Photo : Google image