Home Dunia Islam Pentingnya Ucapkan Niat Puasa Ramadan Setiap Hari

Pentingnya Ucapkan Niat Puasa Ramadan Setiap Hari

33
0
SHARE
Pentingnya Ucapkan Niat Puasa Ramadan Setiap Hari

Jakarta, INTERNEWS.ID - Dalam puasa Ramadan, setiap muslim dan muslimah yang hendak melakukan puasa Ramadan harus didahului dengan niat berpuasa, ini yang paling penting untuk memulai ibadah.

Niat Ramadan : nawaitu shauma ghadin'an ada'i  fardhi syahri ramadhaana haadzihis sanati lillahi ta'ala artinya : saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan ramadan tahun ini karena allah ta'ala.

Menurut ulama yang juga Mantan Menteri Agama Quraish Shihab, Niat berpuasa setiap malam itu pada hakekatnya dilakukan untuk introspeksi puasa kita dihari sebelumnya dan untuk memantafkan puasa kita.

"Yang terpenting adalah niat puasa karena dengan niat kita telah introspeksi puasa sebelumnya dan menyiapkan jiwa kita untuk berpuasa," ujar Quraish dalam ceramah hidup bersama al qur'an di Indosiar, Minggu (19/4).

Quraish Shihab menambahkan yang tak kalah penting juga dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan adalah keikhlasan karena dengan ikhlas artinya kita berpuasa  bukan sekedar menahan haus dan lapar.
 
"Ikhlas berpuasa Ramadam itu, diperlukan karena hanya kita dan Alloh yang tahu bagaimana kita menjalankan ibadah puasa," kata Quraish.

Quraish menambahkan, bagi umat muslim puasa yang diwajibkan dibulan Ramadan itu merupakan ajaran islam yang mengajarkan pentingnya toleransi antar umat beragama.

Itu sama artinya puasa itu adalah ciri manusia yang beragama karena manusia harus meneladani sifat-sifat Tuhan seperti Maha Kaya dan Maha Berpengetahuan.

(atma) 

Photo : google image