Home Politik PPP Pantas Ajukan 9 Nama Calon Menteri

PPP Pantas Ajukan 9 Nama Calon Menteri

144
0
SHARE
PPP Pantas Ajukan 9 Nama Calon Menteri

Keterangan Gambar : Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa

Jakarta, INTERNEWS - Bagi-bagi kursi kabinet koalisi 01 terus berlanjut. Setelah Partai Nasdem mengusulkan 11 jatah menteri dan PKB dengan 10 menteri, kini Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga angkat bicara. Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah menunggu sembilan nama yang diusulkan partai berlambang kakbah sebagai menteri di kabinet kerja jilid II.

"Saya mengulangi saja, kalau NasDem minta 11, PKB minta 10, maka pantas juga kalau PPP minta 9, gitu kata Presiden. Berarti apa artinya? Enggak ngerti saya. Kalau berharap kan boleh saja," kata Suharso di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (9/7/2019). Menurut Suharso, saat ini PPP tidak akan meminta jabatan menteri tertentu kepada Kepala Negara. Ia juga tak mau berspekulasi bila Jokowi kembali mengangkat Menag dari kader partainya atau tidak.

"Kementerian apa saja ya kan yang cocok untuk PPP, kan banyak, mulai dari Kementerian RI berapa ke-RI berapa. Saya enggak berani (berspekulasi), soalnya wilayah hak prerogatif Presiden. Nanti setelah Presiden bertanya siapa, pos di mana, tentu saya akan kasih tahu siapa gitu," ucapnya seperti dilansir okezone.com

Ia pun memastikan akan menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi untuk mengangkat para pembantunya menjalankan pemerintahan. Yang jelas, pihaknya akan mengajukan 10-12 nama ke Jokowi. "Kita tidak bisa mengatakan, ‘oh jangan itu Pak, kenapa enggak Ibu Vernita saja atau Ibu Indah’ kan enggak gitu. Tapi tadi saya sampaikan kalau diperlukan kader perempuan kami juga banyak. Itu termasuk saya sampaikan tadi," ujarnya.

Sebelumnya, anggota Dewan Pakar NasDem, Taufiqulhadi mengatakan Partai NasDem menjadi salah satu partai yang berhasil mendapat suara lima besar di Pileg 2019. Dengan hasil pileg tersebut, NasDem mengklaim bisa mengusulkan nama-nama kandidat menteri lebih dari pada yang diusulkan PKB. “Suara NasDem kan lebih besar dari pada PKB di DPR, berdasarkan kursi, maka sepantasnya NasDem mengusulkan 11 (nama kandidat menteri),” ujarnya.

NasDem mendapatkan 59 kursi di DPR, sementara PKB 58 kursi. Meski begitu, menurut Taufiqulhadi, secara formal, pembahasan terkait menteri-menteri yang diusulkan oleh partai koalisi Jokowi-Ma’ruf belum pernah dilakukan. Di sisi lain, kata dia, persoalan menteri ini tidak sepatutnya diungkapkan ke publik. (ATS)

Photo : Google Image