Home Kesehatan Sigapnya Penanganan Pandemi Masa Pemerintahan SBY

Sigapnya Penanganan Pandemi Masa Pemerintahan SBY

56
0
SHARE
Sigapnya Penanganan Pandemi Masa Pemerintahan SBY

Jakarta, INTERNEWS.ID - Munculnya wabah tidak hanya terjadi pada masa ekarang saja. Pada pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun pernah mengalami hal serupa, meski sebarannya tidak seluas Covid 19. Mantan pejabat senior Kementerian Kesehatan, Abidinsyah Siregar, mengaku prihatin dengan penanganan pandemi Covid-19 oleh pemerintah.

“Berangkat dari ukuran masa lalu dengan apa yang terjadi memang kita jujur saja mengakui ada keprihatinan,” Abidinsyah dalam diskusi Perspektif Indonesia, Sabtu, 18 April 2020.

Ia pun menceritakan pengalaman penanganan pandemi oleh Kementerian Kesehatan pada 2008-2009 di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pada 10 tahun lalu, Indonesia menghadapi pandemi flu burung.

“Dulu kami respons dengan cepat begitu kejadian pertama muncul di Hongkong. Kami sudah siap karena pola penyebaran mengikuti pergerakan manusia,” ujarnya seperti dikutip tempo.co

Abidinsyah mengatakan bahwa Menteri Kesehatan saat itu, Siti Fadilah, langsung membentuk tim respons cepat, menyusun SOP, melakukan simulasi seakan-akan keadaan sudah gawat darurat. Padahal, belum ada kasus di Indonesia.

Menurut Abidinsyah, pemerintah saat itu juga melakukan lockdown pada daerah yang dianggap paling terdampak. “Semua orang di rumah, kita masukan logistik, pemeriksaan kesehatan, sehingga belum terjadi masif kita sudah siap,” kata Abidinsyah.

TKI yang datang dari Hongkong, kata Abidinsyah, juga segera ditelusuri. “Siapa tiba dari sana, siapa belum sampai, TKI kami karantina. Ada beberapa yang lolos mau diapain kami siapkan pendekatannya,” kata dia.

Photo : google image